3.1 Memahami konsep teknologi aplikasi web

Website Development

Konsep Teknologi Aplikasi Web

Nama Sekolah : SMK Ma’arif 1 Kalirejo
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kompetensi Keahlian : Rekayasa Perangkat Lunak
Mata Pelajaran : Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak
Durasi (Waktu) : 730 Jam
Kelas / Semester : XI, XII

KI-3 ( Pengetahuan) :
Memahami, Menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja teknik komputer dan informatika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional

KI-4 (Keterampilan) :
Melaskanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang dan lingkup kerja teknik komputer dan Informatika. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja, menunjukan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif, dalam ranah abstrak terkait dengan pengawasan langsung menunjukan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengna pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah serta mampu melaksanakan tugas spesifi dibawah pengawasan langsung.

KI-3 (Bagian Pengetahuan)
Halaman ini untuk membahas Komptensi Inti dengan Kompetensi Dasar (KD) sebagai berikut :

Kompetensi Dasar :
3.1 Memahami konsep teknologi aplikasi web

Indikator pencapaian Kompetensi :
3.1.1 Menjelaskan Konsep world wide web (www)
3.1.2 Menjelaskan konsep teknologi web
3.1.3 Menjelaskan berbagai teknologi aplikasi web
3.1.4 Menjelaskan penggunaan aplikasi berbasis web
3.1.5 Menjelaskan cara menjalankan aplikasi web menggunakan browser.
3.1.6 Menjelaskan aplikasi web server.
3.1.7 Menjelaskan instalasi paket web server
3.1.8 Menjelaskan penggunaan web direktori dalam web server.

Materi Pokok :

  1. Konsep www
  2. Teknologi aplikasi web
  3. Macam-macam browser
  4. Konsep Web server
  5. Macam-macam software webserver
  6. Macam-macam editor teks.
  7. Tool Pengembangan web

Kegiatan Pembelajaran :

  • Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang teknologi aplikasi web
  • Mengumpulkan data tentang konsep teknologi aplikasi web
  • Mengolah data tentang konsep teknologi aplikasi web
  • Mengkomunikasikan tentang konsep teknologi aplikasi web

MATERI 1
Konsep WWW (World Wide Web)

Pengertian WWW

Apa itu WWW?
World Wide Web adalah suatu ruang informasi di internet yang digunakan oleh pengenal global yang disebut dengan Pengidentifikasi Sumber Ragam/ URI untuk mengenali sumber daya berguna. World Wide Web berisi kumpulan peladen web dari berbagai seluruh bagian dunia untuk menyediakan informasi dan data yang bisa digunakan bersama.

World Wide Web sebagai bagian dari internet mengandung informasi-informasi seperti suara, video, gambar, dan video. Singkatnya, WWW adalah sistem untuk mengirimkan dan menyebarkan data melalui jaringan internet pada skala yang besar di seluruh penjuru dunia.
Menurut masyarakat awam, WWW adalah keseluruhan dari internet itu sendiri untuk mencari apapun di mesin pencari Google, kenyatannya WWW hanya sebagian saja. Dalam artikel ini akan dibahas apa pengertian WWW, fungsi, manfaat, sejarah, contoh, serta kelebihan WWW.

Artikel terkait:

Pengertian WWW Menurut Para Ahli

Agar lebih mengerti apa arti WWW, maka kita bisa merujuk pada pendapat beberapa ahli tentang definisi WWW. Berikut ini adalah pengertian World Wide Web menurut para ahli:

  1. MCLeod (Pearson)
    Pengertian Www menurut MCLeod adalah informasi yang dapat diakses melalui internet di mana berbagai dokumen hypermedia/ file-file komputer disimpan dan kemudian diambil dengan cara-cara yang menggunakan metode penentuan alamat yang unik.
  1. V. Djong
    Definisi WWW menurut V. Djong adalah fasilitas di internet untuk layanan website yang menggunakan protocol http, sering kita lihat sebuah nama domain ditulis secara lengkap, misalnya www.freddset.my.id
  1. Akbar Kaelola
    Pengertian WWW menurut Akbar Kaelola adalah media bagi manusia dalam kegiatan berbagi dokumen, gambar, film, musik dan informasi, serta menjual barang dan jasa di internet.
  1. Lisa Kuswayatno
    Pengertian WWW / World Wide Web menurut Lisa Kuswayatno adalah suatu layanan internet dengan menggunakan konsep hypertext antar dokumen yang saling berkaitan.
  1. Yuhefizar
    Definisi WWW menurut Yuhefizar adalah metode untuk menampilkan informasi di internet yang dapat diakses melalui sebuah paladen/ browser.
  1. F. Budi Hardiman
    Menurut F. Budi Hardiman, pengertian World Wide Web adalah fasilitas internet yang menghubungkan dokumen dalam lingkup lokal maupun jarak jauh.

Fungsi WWW dan Manfaat World Wide Web

Sesuai dari pengertian WWW diatas, maka WWW ini berfungsi untuk menyediakan data dan informasi apapun dan dari manapun agar dapat diakses orang lain dari seluruh bagian dunia. Dengan adanya WWW di internet dapat memberikan kemudahan dan kecanggihan pengguna internet secara lebih cepat dan mudah.

WWW memungkinkan pengguna untuk berselancar dengan mudah hanya melalui sebuah alamat URL (baca: pengertian URL) atau link. Untuk mengakses WWW perlu menggunakan koneksi internet.

Secara umum, ada empat layanan dan manfaat World Wide Web, diantaranya adalah:

  1. Web Mail Service
    Web mail service digunakan untuk mengirimkan surat elektronik kepada orang lain. Layanan ini bisa didapatkan secara gratis maupun berbayar. Layanan email gratis misalnya dari Gmail.com, Yahoo.com, dan hotmail.com. Sedangkan email berbayar ini biasanya untuk keperluan perusahaan dengan menggunakan domain sendiri.
  1. Search Engine
    Search engine atau mesin pencari merupakan layanan gratis untuk mencari informasi berdasarkan kata kunci tertentu. Search engine yang cukup populer saat ini adalah Google, dan Bing.
  1. Web Hosting
    Ini adalah tempat untuk menyimpan data base sebuah website. Sebuah website hanya bisa diakses jika domain website tersebut terhubung dengan web hosting tempat menyimpan data base (baca: pengertian database).
  1. Portal
    Portal merupakan sebuah layanan di internet dimana terdapat beberapa layanan sekaligus, misalnya email, news, chatting, tanya jawab. Salah satu portal yang cukup populer adalah Yahoo.com.

Contoh WWW / World Wide Web

Tentunya para pengguna internet sudah tidak asing lagi dengan istilah World Wide Web. Sebagian besar website yang ada di internet menggunakan WWW pada awal nama domainnya. Berikut ini adalah beberapa contoh WWW:

Sejarah WWW dan Perkembangannya

Istilah WWW pertamakali ditemukan oleh Tim Berners-Lee, pada tahun 1991. Pada perkembangannya, World Wide Web telah melewati sejarah yang cukup panjang hingga saat ini. Berikut penjelasannya:

  • Tahun 1989; Tim Berners Lee pertamakali mengungkapkan idenya membuat sebuah protokol di internet yang berfungsi sebagai sistem distribusi informasi.
  • Tahun 1990: Tim Berners Lee menemukan tiga teknologi dasar yang menjadi basis website, yaitu HTML (Hypertext Markup Language), URL (Uniform Resource Identifier), dan HTTP (Hypertext Transfer Protocol).
  • Tahun 1991: Tim Berners Lee menemukan World Wide Web (WWW) yang berawal dari kebutuhan untuk menyusun arsip dari riset-riset miliknya.
  • Tahun 1993: Marc Andersen dan timnya dari NCSA menciptakan web browser yang diberinama Mosaic dan berbasis grafik untuk OS X-Windows.
  • Tahun 1994: Andersen bekerjasama dengan Jim Clark membuat Netscape yang kemudian menggantikan ketenaran Mosaic sebagai web browser.
  • Tahun 1995: Ada sekitar 300.000 website di internet dimana pada tahun sebelumnya hanya 50 website.
  • Tahun 2009: Tim Berners-Lee mendirikan World Wide Web Foundation, dimana tujuannya adalah untuk membagikan open web kepada masyarakat dunia.

Sumber :  https://ouo.io/5AF48W


MATERI 2
TEKNOLOGI PENGEMBANGAN APLIKASI WEB

Aplikasi web adalah suatu aplikasi yang di akses menggunakan penjelajah web melalui suatu jaringan seperti internet atau intranet. Ia juga merupakan suatu aplikasi perangkat lunak komputer yang di kodekan dalam bahasa yang didukung oleh penjelajah web (seperti HTML, Java Script, AJAX, Java,dll) dan bergantung pada penjelajah penjelajah tersebut untuk menampilkan aplikasi.

Profesi dalam pengembangan Aplikasi web.
Profesi dalam pengembangan Aplikasi web Diantaranya :

  1. Web Designer
  2. Web Programmer
  3. Web Master
  4. Web Developer
  1. Web Designer
    Tugasnya adalah mendesain tampilan situs web mulai dari pengolahan gamar, tata letak, warna, dan lain sebagainya. Didalam pendadanan suatu situs web seorang Web Designer harus menguasai :
    – HTML, DHTML
    – Pengolah Gambar
    – Animasi, Movie (Film)
  2. Web Programmer
    Jika situs yang akan dibuat mempunyai fasilitas interaksi antara pengunjung dan situs misalnya menyangkut dengan transaksi, input – output data dan database maka seorang Web Programmer yang akan mengerjakannya dengan membuat aplikasi-aplikasi yang bekerja di atas situs web.
    1. CGI Perl, PHP, MySQL (Unix Base)
    2. ASP(Windows NT Base)
    3. Javascript dan Applet
  3. Web Administrator
    Tugasnya adalah untuk memaintenance suatu server, mengerti akan Sistem Operasi Server, baik itu mulai dari instalasi sampai kepada masalah (troubleshooting), biasanya seorang Web Administrator harus menguasai :
    1. OS Unix (Linux, FreeBSD, dll
    2. OS Windows NT
    3. Jaringan (LAN,WAN, Intranet)
    4. Keamanan Server
  4. Web Master
    Seorang Web Master adalah seorang yan mengerti akan kesemua hal mulai dari design, Program dan Keamanan Server namun tidak terlalu mencampuri ke masing-masing divisi, cukup dengan mempertanggungjawabkan atas jalan-nya suatu situs web. Penguasaan yang harus dimiliki yaitu :
    1. HTML, DHTML
    2. CGI Perl, PHP, MySQL, ASP, Java
    3. Penguasaan bermacam Operating System / Sistem Operasi
    4. Keamanan Server / Server Security untuk melindungai dari Hacker
    5. Jaringan LAN, WAN, Internet
  5. Web Developer
    Kegiatan diatas secara keseluruhan dalam suatu team dinamakan Web Developer

  1. Sejarah dan Cara Kerja Web
    World Wide Web sering disebut Web adalah Suatu media informasi global dimana pengguna dapat membaca dan menulis melalui komputer yang tersambung ke Internet. Istilah Web sering secara tidak dasar di anggap sebagai Internet itu sendiri, walaupun sebetulnya Web merupakan jasa yang beroperasi di atas Internet sama seperti e-mail. Sejarah Internet terjadi jauh sebelum Web di kembangkan.

    Di tahun 1980, seorang Inggris Tim Berners-Lee, kontraktor independent di CERN (Badan Tenaga Atom Swiss) membuat ENQUIRE, sebuah basis data personal dan model software, juga berkesempatan untuk bermain dengan konsep hypertext; dimana setiap halaman informasi baru di ENQUIRE tersambung secara langsung ke halaman yang ada.

    Tahun 1984, Tim Berners-Lee kembali ke CERN dan memperesentasikan masalah bahwa semua fisikawan di dunia butuh untuk melakukan berbagi data, sayangnya tidak ada perangkat keras dan perangkat lunak yang memungkinkan hal itu terjadi. Atasan Tim, Mike Sendall, meminta Tim untuk mengimlementasikan ide-nya di mesin workstation NeXT yang baru saja di terima oleh CERN. Waktu itu ada beberapa nama yang dipikirkan untuk itu, mulai dari Information Mesh, The Information Mine atau Mine of Information, akhirnya dipilihkan World Wide Web.

    Bulan Desember 1990, Tim Berners-Lee berhasil membuat semua perangkat yang dibutuhkan agar Web dapat bekerja: Web browser yang pertama WorldWideWeb (yang juga merupakan Web editor), Web server pertama (info.cern.ch), dan halaman Web yang pertama yang menjelaskan tentang proyek tersebut. Browser yang di kembangkan dapat mengakses kelompok diskusi Usenet dan juga akses file FTP. Sayangnya hanya dapat di jalankan di NeXT. Nicola Pellow kemudian membuat browser text sederhana yang dapat di operasikan di hampir semua komputer.

    May 1991, Paul Kunz dari Stanford Linear Accelerator Center (SLAC) mengunjungi Cern dan sangat tertarik dengan Web. Paul membawa pulang perangkat lunak NeXT ke SLAC, dimana pustakawan Louise Addis mengadaptasikannya untuk sistem operasi VM/CMS di IBM mainframe untuk memperlihatkan katalog dari dokumen online di SLAC; Web ini merupakan Web Server pertama di luar Eropa dan pertama di Amerika Utara.

    Pada tanggal 6 Agustus 1991, Tim Berners-Lee memposting / menulis resume singkat dari proyek World Wide Web di kelompok diskusi alt.hypertext. Tanggal ini di tandai sebagai pertama kali Web muncul secara publik di Internet.
    1. Mekanisme Cara Kerja Website User :
    2. Pengguna yang akan mengakses suatu website berupa URL melalui Web Browser (yaitu media untuk menuju URL yang diakses),
    3. Web Browser tersebut mengirimkan permintaan/ request berupa HTTP Request kepada Web Browser melalui layer-layer TCP/IP,
    4. Web Server memberikan WebFiles yang di-request jika ada.Web Files yang telah diberikan tadi tidak langsung ditampilkan/di-display begitu saja, namun Web Server memberikan respon kembali ke Web Browser melalui HTTP Response yang juga melalui layer-layer TCP/IP, yang kemudian baru di terima oleh Web Browser, dan kemudian dikirimkan kepada User berupa Display.
    5. Alur Pengembangan App Web

Dikelompokan Menjadi Beberapa Fase Diantaranya :

  1. Fase penentuan feature dan fungsi : Pada tahapan ini berdasarkan hasil penelusuran kebutuhan dari aplikasi maka saya menentukan feature dan fungsi apa saja yang akan dibuat untuk memenuhi kebutuhan yang ada. Feature dibagi menjadi feature utama atau bagian besar terlebih dahulu baru kemudian didefenisikan menjadi bagian yang lebih kecil. Misalnya pada aplikasi CMS salah satu feature utama adalah blog, kemudian feature blog didefenisikan seperti feature tagging, category, comment, dsb. Pada tahapan ini yang perlu diperhatikan adalah apakah daftar feature dan fungsi yang dibuat telah memenuhi kebutuhan yang diinginkan.
  2. Fase pengumpulan data :Mencari konten, gambar dan file lain yang dibutuhkan dalam pengembangan aplikasi. Berdasarkan daftar feature dan fungsi yang akan dikembangkan maka saya akan mengumpulkan data-data dan file yang diperlukan untuk feature dan fungsi tersebut.
  3. Fase analisa dan perancangan : Pada tahapan ini saya mencoba menganalisa data yang telah dikumpulkan pada tahapan sebelumnya dan menuangkan hasil analisa kedalam sebuah rancangan. Misalnya berdasarkan feature yang ada maka saya merancang tabel database yang dibutuhkan oleh tiap feature. Berdasarkan konten dan data  yang ada saya juga melakukan perancangan tampilan aplikasi. Selain itu saya juga menyusun struktur aplikasi seperti menu, sitemap, dsb.
  4. Fase coding :Pada tahapan ini saya memulai menulis kode program. Biasanya dimulai dengan mengubah template dari file image Firework ke html. Setelah itu membuat kerangka aplikasi seperti struktur folder dan file dan memulai pengembangan fungsi untuk tiap feature.
  5. Fase setup and testing :Pada tahapan ini saya melakukan setup di server dimana aplikasi web nanti akan akan dijalankan. Tentu setelah melakukan testing di komputer lokal terlebih dahulu dan memastikan bahwa semua fungsi berjalan baik. Pada server juga akan dilakukan testing untuk memastikan aplikasi dapat berjalan baik pada server tersebut. Pada tahapan ini juga akan dilakukan beta test dimana beberapa orang akan mencoba menggunakan aplikasi dan memberikan komentar atau feedback terkait dengan fungsi aplikasi.
  6. Fase launching :Pada fase ini setelah dipastikan aplikasi berjalan baik pada server maka saya akan melakukan sosialisasi baik di dunia nyata atau maya. Beberapa diantaranya adalah melakukan posting di forum, aplikasi social network seperti facebook, membuat posting di blog, dan sosialisasi lainnya.

Perangkat Pengembangan Applikasi Web Beberapa Diantaranya :

  1. HTML
    HTML adalah singkatan dari Hypernet Markup language. Html adalah untuk membuat dan menyusun bagian paragraf, heading, link atau tautan, dan blockquote untuk halaman web. Html bukanlah bahasa pemrograman dan itu berarti HTML tidak punya kemampuan untuk fungsionalitas yang dinamis. Ketika bekerja dengan HTML, anda menggunakan struktur kode yang sederhana(tag dan attribute) untuk mark up halaman website. Html sebagai bahasa mark up sangatlah mudah untuk dipahami bahkan bagi webmaster pemula di bidang web develpment sekalipun.
  2. Javascript
    JavaScript adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan dalam kurun waktu dua puluh tahun ini. Javascript digunakan untuk meningkatkan fungsionalitas website hingga mengaktifkan permainan (games) dan software berbasis web. Selain itu, terdapat ribuan template dan aplikasi JavaScript yang bisa anda gunakan secara gratis.
  3. Ajax
    AJAX adalah sebuah singkatan dari Asynchronous Javascript and XML dan mengacu pada sekumpulan teknis mengembangkan web (web development) yang memungkinkan aplikasi web untuk bekerja secara asynchronous (secara tidak langsung ) – memproses setiap request(permintaan) yang datang ke server di sisi background.
  4. Java
    Java dikenal memiliki moto “Write once, Run Anywhere”. Hal ini menunjukan bahwa setiap kode program yang ditulis menggunakan Java bisa langsung dijalankan pada platform berbeda-beda tanpa perlu menyusun ulang. Penulisan kode program Java disimpan dalam file berekstensi java. Dengan menggunakan javac compiler, kamu bisa menyusun file berekstensi java menjadi file berekstensi class. File berekstensi class inilah yang di sebut sebagai bytecode dan bisa dijalankan di seluruh Java Virtual Machine(JVM)
    Sebagai bahasa pemrograman umum kamu bisa memanfaatkan java untuk membuat berbagai bentuk aplikasi seperti aplikasi berbasis desktop, website, mobile hingga embedded device seperti perangkat pintar atau microprocessor.
  5. Joomla
    Joomla merupakan salah satu Conten Management System yang sering digunakan untuk membuat website privadi atau website bisnis. Saat ini joomla digunakan oleh lebih dari 3 persen dari semua situs yang ada di internet. Joomla biasanya di pakai untuk website Forum, toko online, reservasi tiket, dan web yang membutuhkan sistem inventaris data yang rapi
  6. WordPress
    Woredpress merupakan CMS (Conten Management System) yang bersifat open source yang digunakan untuk membuat website. Sifatnya yang open source membuat WordPress memiliki banyak komunitas dan dukungan. Karenanya wordpress menjadi software paling mudah untuk membuat website atau blog yang kuat. Termasuk penulis juga menggunakan wordpress untuk membuat website dan blog. Berikut website yang saya develop menggunakan wordpress :
    https://freddset.wordpress.com
    https://blog.wordpress.com
  7. XAMPP
    Merupakan tool yang menyediakan paket perangkat lunak ke dalam satu buah paket. Dengan menginstall XAMPP maka tidak perlu lagi melakukan instalasi dan konfigurasi web server Apache, PHP dan MySQL secara manual. XAMPP akan menginstall dan mengkonfigurasinnya secara otomatis untuk Anda atau Konfigurasi otomatis
    XAMPP nantinya akan memfasilitasi anda untuk mengembangkan Aplikasi Web dengan PHP. Paket yang ada di dalam XAMPP adalah sebagai berikut :
  8. Server Apache
    Digunakan untuk lokal web server, dengan server apache terinstall di komputer anda, Anda nanti bekerja di komputer secara lokal, Aplikasi Web anda cukup di uji coba di komputer lokal saja tanpa harus di Upload ke Web Server Internet secara langsung.
  9. PHP
    Adalah interpreter yang nanti akan menterjemahkan source kode php agar dapat di baca oleh browser untuk di tampilkan.
  10. MySQL
    Adalah sebuah software basis data server untuk menyimpan data aplikasi web yang akan dikembangkan.
  11. PHP MyAdmin
    Adalah aplikasi untuk mengatur dan mengelola basis data MySQL agar lebih mudah digunakan

MATERI 3
MACAM – MACAM WEB BROWSER

Browser adalah sebuah software yang fungsinya sebagai wadah atau tempat menampilkan dan melakukan interaksi didunia maya menggunakan jaringan Internet dengan dokumen yang disediakan server web.

Saat pertama kali diciptakan, tampilan browser kurang menarik karena masih berupa teks. Seorang mahasiswa Amerika Marc Andressen, menciptakan web browser pertama dengan tampilan gambar hingga sekarang kita dapat menjumpai bermacam macam browser dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Adapun macam-macam browser yang bisa kita gunakan untuk menjelajahi internet yaitu :

  1. Google Chrome
    Google Chrome merupakan browser buatan Google. Pada interfacenya terlihat bahwa google ingin para penggunanya lebih fokus pada web dan melupakan browser yang digunakan. Ini artinya google chrome memiliki tampilan yang tidak mengusik dan nyaman ketika sedang digunakan. Chrome juga memiliki “modus penyamaran”. Pada modus ini memungkinkan para penggunanya dapat mengakses website tanpa meninggalkan jejak.

    Fungsi yang lain masih merupakan keunggulan chrome adalah kemampuan menebalkan nama domain sebuah website yang dianggap berbahaya. Contohnya pada sebuah website penipuan beralamatkan i-bank. Klik BCA. D60pc.com, maka d60pc.com akan ditebalkan sehingga akan diharapkan para pengguna sadar bahwa itu bukan situs resmi klik BCA.

    Kelebihan lain :
    1. Tidak menghabiskan Ruang RAM terlalu banyak
    2. Ringan dan gesit, termasuk ketika start pertama kali dan berpindah tab
    3. Desainnya simple dan minimalis
    4. Updatenya murah
    5. Sistem security kuat
    6. Google menanamkan opti “Make Application Shortcut”. Dengan Fitur ini sebuah aplikasi web seperto Google Mail atau Google Teader adapat dijalankan lewat shortcut pada desktop atau Start Menu. sehingga seperti aplikasi Lokal.
    7. Pada setiap tab yang dibuka di chrome memiliki proses yang terpisah, sehingga ketika error/crash pada salah satu tab tidak akan menyebabkan keseluruhan browser error.

      Kekurangan
    1. Penerjemahan masih belum baikGoogle Chrome memang sudah mendukung penerjemahan bahasa secara langsung. Misalnya Anda mengunjungi sebuah sebuah situs berbahasa Inggris, Anda bisa langsung menerjemahkan isi situs tersebut ke bahasa Indonesia. Sayangnya, hasil terjemahan ini bisa dibilang belum baik dan tidak jarang justru sulit dipahami.
    2. Bugs yang bisa saja menggangu
      Pengembangan sebuah software tentu akrab dengan bug yang bisa mengakibatkan gangguan, begitu juga dengan Google Chrome. Oleh karena itu, Google Chrome rutin menyediakan pembaruan versinya sebagai penyempurnaan. Jika Anda menemukan bugs seperti ini, Anda bisa memberikan feedback dengan klik alt+shift+i.
  2. Mozilla Firefox
    Rasa-rasanya tidak cukup instal komputer tanpa menginstal aplikasi browser internet. Sampai saat ini saya lebih sering menggunakan Mozilla Firefox. Alasan yang paling mendasar adalah karena browser ini memiliki add on yang sangat beragam dan terus berkembang, meskipun disisi lain kadang tidak lebih cepat daripada browser lainnya.

    Apakah Anda pengguna Mozilla Firefox juga? Tahukah Anda kelebihan dan kekurangan mozilla firefox? Browser internet yang sangat populer ini disisi lain memiliki beberapa kelemahan disamping berbagai kelebihan yang dimilikinya.
    Kelebihan Mozilla Firefox
    1. Popluer di kalanggan Pengguna Internet
      Berbicara mengenai browser pesaing Google Chrome, tentu Mozilla Firefox jawabannya. Browser satu ini terbilang lebih dulu muncul di kalangan pengguna internet dibandingkan dengan Google Chrome. Bahkan pada beberapa tahun lalu, Mozilla Firefox biasanya menjadi andalan di banyak warnet. Jadi tidak heran kalau Mozilla Firefox populer di kalangan pengguna internet.
    2. Keamaan Terbilang Lebih Rapat di banding yang lain
      Hal ini mungkin masih menjadi salah satu alasan kenapa Mozilla Firefox tetap ramai peminat. Keamanan yang ditawarkan terbilang lebih ampuh dibandingkan browser lain. Komputer akan relatif lebih aman jika menjelajah dengan Mozilla Firefox.
    3. Tampilan Halaman yang minimalis
      Seperti Google Chrome, tampilan halaman muka Mozilla Firefox juga minimalis. Tidak terlalu banyak menu-menu yang kurang dibutuhkan oleh pengguna. Tampilan halaman muka hanya menampilkan address bar, beberapa situs yang sering dan terakhir dikunjungi, serta icon menu-menu tertentu.

      Kekurangan Mozilla Firefox

      Mozilla Firefox juga memiliki kekurangan, yang mungkin di anggap oleh sebagian orang menggangu sehingga lebih memilih Google Chrome. Berikut kekurangan yang ada pada browser Mozilla Firefox
      1. Dibutuhkan Waktu cukup lama ketika memulai
        Mozilla Firefox memang membutuhkan waktu lebih lama ketika baru dimulai dibandingkan dengan Google Chrome. Pada tahap awal ini, browser tidak jarang berjalan sangat lambat dan bahkan beberapa kali mengalami not responding
      2. Membutuhkan Ruang Ram yang cukup besar
        Ruang RAM yang dibutuhkan oleh Mozilla Firefox cukup besar. Memang tetap bisa digunakan untuk komputer berspesifikasi rendah. Akan tetapi semakin sering dipakai, maka jalannya browser ini akan semakin lambat.
      3. Waktu Loading yang Relatif Lebih lambat
        Sebenarnya ini juga tergantung pada provider internet yang digunakan. Akan tetapi dengan provider dan situs yang sama, waktu loading dari Mozilla Firefox memang lebih lambat dibanding Google Chrome. Hal ini disebabkan adanya masalah terkait kesesuaian kode halaman situs dengan Mozilla Firefox.
      4. Butuh mengunduh lagi untuk pembaruan
        Pembaruan pada Mozilla Firefox tidak dilakukan denga upgrade, melainkan mengunduh lagi versi terbarunya. Jika memori komputer Anda tidak cukup, biasanya akan sulit melakukan proses ini. Oleh karena itu, beberapa orang terkadang malas melakukan pembaruan pada M Firefox-nya.

MATERI 4
KONSEP WEB SERVER

Pengertian Web Server

Server web atau yang dalam bahasa inggris disebut web server adalah perangkat lunak (software) dalam server yang berfungsi untuk menerima permintaan (request) berupa halaman web melalui protokol HTTP dan atau HTTPS dari klien yang lebih dikenal dengan nama browser, kemudian mengirimkan kembali (respon) hasil permintaan tersebut ke dalam bentuk halaman-halaman web yang pada umumnya berbentuk dokumen HTML.

Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa web server merupakan pelayan (pemberi layanan) bagi web klien (browser) seperti Mozilla, Opera, Chrome, Safari, Internet Explorer, dan lain sebagainya, supaya browser dapat menampilkan halaman atau data yang Anda minta.

Fungsi Web Server

Fungsi utama dari web server adalah untuk melakukan atau mentransfer berkas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan sedemikian rupa. Halaman web yang diminta terdiri dari berkas teks, video, gambar, file dan banyak lagi.

Salah satu contoh dari Web Server adalah Apache. Apache (Apache Web Server – The HTTP Web Server) merupakan web server yang paling banyak dipergunakan di Internet. Program ini pertama kali didesain untuk sistem operasi lingkungan UNIX. Apache mempunyai program pendukung yang cukup banyak. Hal ini memberikan layanan yang cukup lengkap bagi penggunanya.

Bagaimana Cara Kerja Web Server?
Lalu bagaimana prinsip atau cara kerja web server itu sendiri? Cukup sederhana untuk dipahami, karena pada dasarnya tugas web server hanya ada 2 (dua), yaitu

  1. Menerima permintaan (request) dari client, dan
  2. Mengirimkan apa yang diminta oleh client (response).

Secara sederhana dapat digambarkan sebagai berikut:

Client disini dapat berupa komputer desktop dengan minimal memiliki browser dan terhubung ke web server melalui jaringan (intranet atau internet).
Komputer yang berfungsi sebagai server, dimana didalamnya terdapat perangkat lunak web server. Agar komputer ini dapat diakses oleh client maka komputer harus terhubung ke jaringan (intranet atau internet). Dalam jaringan internet, komputer ini bisa saja bernama www.google.com, www.bl.ac.id, atau memiliki kode komputer (disebut IP Address) seperti 202.10.20.10 dan 200.100.50.25.
Pertama-tama, client (user) akan meminta suatu halaman ke (web) server untuk ditampilkan di komputer client. Misalnya client mengetikkan suatu alamat (biasa disebut URL) di browser http://www.google.com. Client menekan tombol Enter atau klik tombol Go pada browser. Lalu apa yang terjadi? Melalui media jaringan (bisa internet, bisa intranet) dan melalui protokol http, akan dicarilah komputer bernama www.google.com. Jika ditemukan, maka seolah-olah terjadi permintaan, “hai google, ada client yang minta halaman utama nich, ada dimana halamannya?”. Inilah yang disebut request.

Sekarang dari sisi server (web server). Mendapat permintaan halaman utama google dari client, si server akan mencari-cari di komputernya halaman sesuai permintaan. Namanya juga mencari, kadang ketemu, kadang juga tidak ketemu. Jika ditemukan, maka halaman yang diminta akan dikirimkan ke client (si peminta), namun jika tidak ditemukan, maka server akan memberi pesan “404. Page Not Found”, yang artinya halaman tidak ditemukan.

MATERI 5
MACAM MACAM APLIKASI WEB SERVER

Pengertian Macam-macam Jenis Web Server dan Contohnya Lengkap
Pengertian lengkap Macam-macam Jenis Web Server Dan Kelebihannya serta Kekuranganya. Pengertian Web server adalah software yang memberikan informasi layanan data yang memiliki fungsi menerima permintaan dari HTTP ataupun HTTPS dari klien yang disebut dengan browser web dan akan mengirimkan kembali hasil nya yang bentuk halaman-halaman web. Halaman-halaman tersebut umumnya berbentuk dokumen HTML.

Cara kerja Web Server Web server merupakan mesin dimana tempat aplikasi atau software beroperasi dalam medistribusikan web page ke user, tentu saja sesuai dengan permintaan user. Hubungan antara Web Server dan Browser Internet merupakan gabungan atau jaringan Komputer yg ada di seluruh dunia. Setelah terhubung secara fisik, Protocol TCP/IP (networking protocol) yg memungkinkan semua komputer dapat berkomunikasi satu dengan yg lainnya.

Pada saat browser meminta data web page ke server maka instruksi permintaan data oleh browser tersebut di kemas di dalam TCP yg merupakan protocol transport dan dikirim ke alamat yg dalam hal ini merupakan protocol berikutnya yaitu Hyper Text Transfer Protocol (HTTP). HTTP ini merupakan protocol yg digunakan dalam World Wide Web (WWW) antar komputer yg terhubung dalam jaringan di dunia ini.

Secara garis besar, apikasi web server terdiri dari dua jenis, jenis web server gratis dan jenis web server berbayar. Baik web server gratis maupun web server berbayar terdiri dari macam-macam web server yang masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Ada beberapa jenis web server yang kita kenal dengan beberapa keunggulan masing-masing yang dimilikinya. Apa sajakah jenis jenis web server? Berikut ini akan dijelaskan beberapa jenis jenis macam web server yang banyak digunakan saat ini.

  • Apache
  • Web Server Litespeed
  • Web Server Nginx
  • Web Server Microsoft IIS

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa kelebihan dari masing-masing web server tersebut yang perlu Anda ketahui:

  1. Apache
    Apache termasuk jenis freeware yang akan menguntungkan Anda. Selain itu, jenis server ini juga lebih mudah diinstall dibandingkan dengan beberapa jenis server yang lain. Apache juga dikenal mampu tetap beroperasi di berbagai platform system operasi yang ada sehingga bisa digunakan oleh banyak orang. Untuk mengatur konfigurasi jenis server ini juga cukup mudah, terdapat 4 file konfigurasi yang bisa digunakan. Selain itu, cukup mudah menambahkan peripheral ke bagian platform web servernya.
  2. Web Server Litespeed
    Jenis server ini mampu meninkatkan performa PHP hingga mencapai 50%, bahkan mampu melebihi performa server apache hingga enam kali lebih cepat, memiliki system anti DDoS, mampu melakukan pembatasan terhadap validasi HTTP request. Memiliki system pencegahan overloading yang baik sehingga akan menguntungkan untuk Anda. System recovery terhadap kegagalan juga bisa dilakukan secara langsung dan otomatis, memiliki system yang cukup kompetibel dengan Cpanel, Plesk dan direct admin. Memiliki dukungan kompabilitas terhadap system mod_security request filtering. Lebih menguntungkannya lagi, jenis server ini dapat sesuai atau compatible dengan Apache .htaccess.
  3. Web Server Nginx
    Sama seperti server yang lain, Web Server Nginx juga memiliki beberapa keunggulan yang patut Anda pertimbangkan sebagai pilihan. Server ini mampu memberikan konten yang statis pada penggunaan daya yang lebih efisien dari system. Hal ini akan membuat HTTP konten lebih dinamis di jaringan yang ada menggunakan FastCGI handler. Selain itu server ini juga dikenal asynchronous –event. Beberapa fitur yang bisa digunakan pada server ini diantaranya seperti, Server-side includes, Custom logging, URL rewriting, Ability to handle more than 10000 simultaneous connections, Handling of static files, index files, and auto-indexing, MP4 streaming, using the MP4 streaming module, FastCGI support with caching, Load balancing, SSL Support, Fault tolerance dan sebagainya.
  4. Web Server Microsoft IIS
    IIS Merupakan kepanjangan dari Internet Information Service. Web server ini memiliki banyak fitur yang bisa Anda gunakan, seperti diantaranya File Transfer Protocol (FTP), pengelola web, NNTP dan Ghoper. Server ini mendukung system operasi untuk Windows NT , 7 dan Windows Server 2003, Windows 2000 dan Windows XP. Untuk kerja PHP sendiri IIS lebih stabil, cepat dan baik. Memiliki system diagnotistik yang bisa digunakan untuk melakukan pengecekan terhadap kesalahan. Sangat kompetible dengan windows karena memang IIS sendiri dirilis oleh Microsoft.

    Anda bisa memilih mana jenis web server yang dibutuhkan oleh system operasional Anda. Masing-masing memiliki keunggulan sendiri dan tentunya juga memiliki kekurangan. Ada yang gratis dan ada yang berbayar sesuai dengan kualitas yang ditawarkan. Untuk server yang bagus tentunya Anda perlu sedikit mengalokasikan anggaran yang dibutuhkan.

MATERI 6
Macam Macam Aplikasi Editor Teks

  1. Pengertian Text Editor

    Text editor adalah sebuah program aplikasi yang sering digunakan para programmer, terutama programmer web dalam menuliskan kode programnya / syntax ketika akan membuat program atau website. Pada dasarnya, fungsi text editor hanyalah sebagai tempat menuliskan kode program tanpa ada compiler. Itulah sebabnya, text editor digunakan untuk menuliskan kode program bahasa pemrograman dalam membuat website, seperti HTML, CSS, Javascript, PHP, dll.
  2. Text Editor
    1. Sublime Text
      Nah, text editor Sublime Text ini adalah text editor favorit saya. Saya menggunakan Sublime Text sebagai text editor dalam mengerjakan projek-projek website saya.
      Mungkin Anda yang biasa menggunakan Notepad++ sudah tak asing lagi dengan aplikasi Sublime Text yang merupakan text editor berbasis Phyton dengan banyak fitur teks. Kelebihan dari Sublime Text ini adalah adanya fitur Multiple Selection yang berfungsi sebagai pembuat perubahan kode dalam waktu yang sama dan baris berbeda.
      Selain itu, sublime text juga memiliki fitur Command Pallete yang berfungsi untuk mengakses file shortcut lebih mudah. Namun sublime text juga memiliki kelemahan yaitu adanya beberapa plug in yang belum tersedia dalam aplikasi ini jika dibandingkan dengan Notepad++
    2. Visual Code Studio
      Seperti halnya pada sublime text dan Atom editor text, bahwa Visual Studio Code juga didukung dengan berbagai jenis bahasa pemrograman seperti Java, JavaScript, PHP, C++, C#, JSON, hingga Go. Di mana software ini bisa mengidentifikasi jenis bahasa pemrograman secara otomatis. Visual Studio Code ini merupakan software text editor terbaik bebas berbasis Electron yang dikembangkan oleh Microsoft. Selain itu, Visual Studio Code juga sudah terintegrasi dan terhubung secara langsung dengan GitHub. Dengan begitu, Anda bisa menyimpan dan memanggil semua kode yang sudah Anda kerjakan sebelumnya lebih mudah dan praktis.
    3. Notepad++
      Karena adanya batasan penggunaan notepad pada Windows, maka kita perlu menggunakan Notepad++ yang bisa digunakan secara gratis dalam mengedit kode. Software ini memiliki fitur tab, sehingga Anda bisa melakukan editing code dengan banyak file yang terbuka dalam satu jendela. Di tahun 2015, Notepad++ mulai dihubungkan ke GitHub untuk memudahkan para programmer menggunakannya. Semua programmer tahu, bahwa Notepad++ ini selain gratis, juga sangat ringan dan sederhana penggunaannya. Ditambah lagi software ini sudah aktif dengan notasi http. Jadi, cukup klik 2 kali url-nya, maka kita bisa menuju halaman situs yang kita maksud.
    4. Vim
      Vim merupakan aplikasi text editor terbaik buatan Bram Moolenaar, di mana mampu membuat para programmer lebih produktif saat menggunakan software ini. fungsinya pun sama dengan Text Editor terbaik lainnya yaitu menulis dan mengedit kode pemrograman. Bahkan Vim ternyata sangat populer digunakan oleh kebanyakan programmer luar negeri. Hal ini terbukti adanya beberapa film tentang hacker yang menggunakan Vim, salah satunya adalah film Social Network. Memang, untuk pemula akan merasa kesulitan dalam penggunaan Vim. Tapi jika sudah dibiasakan, penggunaan Vim ini sangat simpel dan mudah digunakan. Uniknya, kita bisa bergerak ke baris lain tanpa menggunakan mouse jika menggunakan Vim. Fitur ini disebut Motion.

MATERI 7
TOOL PENGEMBANG WEB

Menjadi seorang web developer merupakan salah satu pekerjaan yang membutuhkan beberapa komponen penunjang guna untuk menghasilkan pekerjaan yang dapat dicapai sesuai dengan tujuan awal. Salah satu komponen penunjang tersebut adalah beberapa tools yang nantinya dapat digunakan untuk melancarkan aksi mereka.

  1. Adobe Dreamweaver
    Software ini khusus dikembangkan untuk pengembang website dan menyediakan fitur di dalamnya. Fitur utama dari Adobe Dreamweaver sebagai berikut :
    1. Menyediakan grid yang bisa disesuaikan
    2. memudahkan untuk menulis dan mengedit kode HTML, javaScript, CSS dan XTL
    3. Tampilkan WYSIWYG(What You See Is What You Get) dan hasinya sama persis dengan ketik apa yang sudah dikerjakan
  2. Bootstrap – Library HTML, CSS, dan JS yang paling popular
    Bootstrap adalah library yang bisa digunakan secara gratis dan open-source. Library ini terdiri dari CSS dan JavaScript template desain untuk typography, forms, tombol, navigasi, dan komponen lainnya. Bootstrap sendiri banyak digunakan oleh front-end developer untuk membuat website semakin cantik dengan HTML, CSS, dan JavaScript.
    Fitur Utama :
    1. Ada contoh template yang siap dipakai dan bebas digunakan
    2. Tidak membuthkan banyak kustomisasi
    3. Menyediakan berbagai opsi dukungan
  1. Lorem Ipsum – neosh.deviantart.com
    Dengan menggunakan tools ini maka seorang web developer akan mudah dalam memberikan contoh teks yang diberikan pada sebuah halaman web, guna untuk melihat hasil dari penulisan kode terkait efek yang diberikan pada area yang akan diberi teks.
  1. Fontello – fontello.com
    Dengan bantual tools ini maka seorang web developer juga akan mudah dalam memilih berbagai ikon pendukung, dimana dengan dukungan yang ada kita bisa melakukan generate, serta dukungan untuk editing dengan penyesuaian berdasarkan simbol dan nama.
  1. Adobe Edge Inspect – webdesignerdepot.com
    Salah satu platform baru dari Adobe yang sangat berguna jika digunakan untuk membangun dan merencanakan sebuah front-end website interaktif, dengan dukungan tools ini kita bisa melakukan desain CSS dengan sangat mudah.

Sekian – Terima kasih

Silakan Kunjungi Website saya yang lain

https://www.freddset.my.id

https://blog.freddset.my.id

Jangan lupa Follow Twitter saya @freddset21

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s