Pengertian, Jenis, dan Fungsi Casing Komputer

pc

Pengertian Casing Komputer – Computer Case, di Indonesia sering disebut Casing Komputer, adalah tempat yang berisi sebagian besar komponen-komponen komputer (biasanya tidak termasuk layar, keyboard dan mouse).

Computer Case juga dikenal sebagai Chassis, Tower, Housing, System Unit, Cabinet, Base Unit atau hanya Case. Di Indonesia, orang-orang biasa menyebutnya Casing atau Kasing. Oleh karena itu, dalam menjelaskan pengertian casing komputer, jenis, dan fungsinya, saya akan menyebutnya Casing.

Casing komputer biasanya dibuat dari baja (biasanya SECC: Steel, Electrogalvanized, Cold rolled, Coil) atau Aluminium. Namun kadang kala plastik juga digunakan, atau bahan-bahan lain seperti kaca dan kayu.

Bagian depan Casing komputer terdapat tombol Power dan juga terkadang tombol Reset. Lampu LED kecil yang khas, yang merepresentasikan status daya saat komputer sedang berjalan, aktivitas hard drive dan kadang kala proses internal lainnya. Tombol dan Lampu tersebut terhubung langsung ke motherboard yang diamankan di dalam Casing.

Casing komputer biasanya berisi expansion bay yang berukuran 5,25 inci dan 3,5 inci untuk tempat optical drive, floppy disk drive, hard drive dan drive media lainnya. Expansion bay terletak di depan Casing sehingga, misalnya, DVD drive dapat dengan mudah dijangkau oleh pengguna saat digunakan.

Setidaknya satu sisi Casing, atau mungkin keduanya, dapat digeser untuk membuka Casing dan mengakses komponen internal komputer. Bagian belakang Casing komputer berisi lubang-lubang kecil agar pas dengan konektor yang terdapat pada motherboard yang dipasang di dalam Casing. Power supply juga dipasang di dalam belakang Casing. Kipas atau perangkat pendingin lainnya dapat dilekatkan pada setiap dan semua sisi Casing komputer.

Fungsi Casing Komputer

Casing komputer memiliki beberapa fungsi, berikut diantaranya:

1. Pelindung

Tanpa Casing, setiap komponen sensitif yang ada pada komputer akan rentan terhadap kotoran, benda asing, anak-anak, hewan, cairan, serta gangguan listrik (EMI/RFI).

2. Struktur

Casing lah yang menahan/memegang semua komponen-komponen komputer secara padat dan terorganisir.

3. Pendinginan

Casing membantu dalam menjaga udara mengalir melalui semua komponen degan baik, sehingga semua komponen komputer tetap dingin dan berjalan dengan baik.

4. Kebisingan

Banyak komponen komputer memiliki kipas yang menimbulkan suara, misalnya power supply dan video card. Menyimpan semua komponen yang menimbulkan suara tersebut di dalam Casing akan mengurangi tingkat kebisingan.

5. Estetika

Meskipun sebagian orang mungkin tidak setuju, namun kebanyakan orang akan lebih suka melihat Casing dari pada semua papan sirkuit, kabel, dan semua komponen komputer lainnya.

 

Komponen Komputer yang Ada di dalam Casing

Selain mengetahui pengertian casing komputer, jenis, dan fungsinya, juga penting untuk mengetahui komponen apa saja yang ada didalam Casing itu sendiri.

Adapun komponen-komponen komputer yang dipasang di dalam Casing komputer adalah sebagai berikut:

1. Expansion card (Kartu ekspansi)

2. Heatsink dan Kipas

3. Drive Internal (contohnya hard disk drive, DVD drive)

4. Memory (RAM)

5. Motherboard

6. Power supply (PSU)

7. Processor (CPU)

 

Berikut ini adalah jenis-jenis casing komputer berdasarkan jenis ukuran motherboard :

1. Casing full-tower

Picture

Casing komputer jenis full-tower ini adalah casing komputer terbesar diantara jenis casing lainnya, casing jenis ini bisa menampung semua ukuran motherboard seperti Micro-ATX, ATX, E-ATX dan XL-ATX, biasanya casing jenis ini digunakan oleh para gamer atau mereka-mereka yang sangat antusias dengan hardware komputer.

 

2. Casing full-tower

Picture

Casing jenis mid-tower ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan casing full-tower tapi masih bisa menampung motherboard dengan spesifikasi ukuran Micro-ATX dan ATX, casing jenis ini lah yang paling umum dijual di toko-toko komputer dan yang paling banyak orang gunakan saat ini.

 

3. Casing Mini-tower ATX

Picture

Casing mini-tower ini ukurannya lebih kecil dibandingkan casing mid-tower, casing jenis ini hanya bisa menampung motherboard dengan ukuran Micro-ATX.

 

4. Casing Mini-Tower ITX

Picture

Seperti namanya, casing mini-ITX ini hanya bisa menampung motherboard dengan ukuran Mini-ITX, ukurannya jauh lebih kecil kalau dibandingkan casing mini-tower, dan biasanya casing jenis ini menggunakan power supply dengan ukuran khusus yang lebih kecil dari power supply yang biasa kita lihat di dalam casing-casing komputer kebanyakan.Casing lainnya.

 

Casing Slim

Picture

Casing model slim umumnya bersifat fleksibel karena bisa digunakan dengan posisi tidur atau berdiri. PC saat ini banyak yang menggunakan model slim.

 

Casing Desktop

Picture

Casing PC model desktop biasanya ditempatkan diatas meja (posisi tidur). Umumnya konstruksi casing cukup kokoh sehingga monitor dapat diletakkan diatasnya. Komputer branded, yaitu komputer keluaran pabrik yang seluruh kompunennya diproduksi oleh satu pabrik, banyak diproduksi dengan model casing desktop seperti ini (seperti IBM desktop, Dell, Acer, Compaq, dll), yang mendukung Pentium II dan III.

 

Casing Large Server

Picture

Biasanya berbentuk seperti filecabinet dengan ukuran yang cukup besar.

Casing Rackmmount

Picture

Casing model ini merupakan komputer yang ditempatkan pada rack khusus server atau perangkat jaringan lainnya.

Jenis casing dibagi menurut kegunaannya:
1. Casing gaming
Casing gaming ini biasanya berjenis full tower dan mid tower, karena casing ini kegunaanya untuk para gamers yang membutuhkan ruang yang lebar untuk hardwarenya. Selain itu casing gaming ini biasanya berbentuk sangat menarik, banyak fan case nya serta banyak LED yang menyala untuk menambah kesan menariknya.

2. Casing Value
Casing value ini biasanya dipakai oleh orang-orang awam, karena selain harganya murah Casing ini juga dilengkapi dengan PSU. Casing value ini cocok untuk orang-orang yang merakit komputer untuk kegiatan-kegiatan mengetik dokumen, berselancar internet, serta berkirim email.

3. Casing Without PSU
Casing tanpa PSU atau Without PSU biasanya berjenis mid tower, karena biasanya PSU bawaan casing tidak true power. Sehingga orang-orang banyak yang memilih Casing yang tanpa Power Supply.

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s