WordPress vs Drupal – Mendingan Mana ?

WordPress adalah cms yang mudah dipelajari, bahkan oleh pemula sekalipun. Platform ini memilliki banyak komunitas besar yang sehingga akan ada banyak tutorial, artikel, serta bantuan. Sementara itu, drupa memang mudah digunakan, tapi akan lebih maksimal bila anda memiliki pengetahuan dasar tentang bahasa pemrograman.

Memilih CMS yang tepat untuk website anda tidak bisa asal-asalan. Jika ini adalah website pertama anda, maka CMS yang digunakan haruslah memudahkan anda dalam mendesain dan mengelola situs.

Pertanyaannya, mana CMS website yang sesuai untuk anda?

Drupal dan WordPress adalah dua cms yang paling banyak digunakan di internet. Bahkan keduanya menguasai 60% pasar.

Baik drupal maupun WordPress memiliki kompunitas online yang dedicated serta fanbase yang loyal. Selain itu, kedua cms ini juga menjadi platofrm bagi website-website besar dan terkenal.

Mana yang muda digunakan ?

bagaimana dua CMS ini mengelola kontennya ?

mana yang performanya lebih cepat?

mana platform yang lebih aman ?

mana yang menawarkan flesibilitas lebih banyak ?

Mana yang lebih mudah digunakan ?

Salah satu alasan utama menggunakan CMS adalah kemudahan dalam pembuatan dan pengelolaan situs. Sistem manajemen konten memungkinkan siapa pun untuk membuat dan mengembankan website yang menarik serta fungsional tanpa hrus menguasai bahasa pemrograman atau kemampuan teknis lainnya terlebih dahulu.

Jika anda masih pemula dalam dunia hosting, maka CMS yang paling mudah untuk diinstall adalah Drupal. Pada backend hosting, anda akan diberikan opsi untuk menginstall sejumlah CMS yang berbeda, termasuk drupal,

Setelah berhasil menginstall Drupal di hosting, anda akan melihat beragam opsi kustomiasi yang siap membantu Anda membuat dan mengembangkan website.

Hanya saja, ketika sudah sampai di tahap ini, penggunaan drupal menjadi lebih sulit. Selain kustomisasi dasar untuk sistus, sebagian besar fitur dan fungsional tambahan mewajibkan anda untuk mengerti dan memahami PHP, HTML, dan bahasa pemrograman lainnya. Jika tidak tau cara menggunakan bahasa pemrograman, maka mau tidak mau Anda harus menyewa web developer.

Bahkan hal-hal seperti mengupgrade atau memperbaharui website pun membutuhkan pengetahuan teknis Anda harus mengatur dan mengelola kode untuk memastikan setiap elemen di situs kompatibel dengan versi terbaru.

WordPress

Salah satu alasan utama mengapa WordPress menjadi CMS yang paling banyak diaktifkan adalah kemudahan dalam setup dan penggunaannya.

Menginstall wordpress tidak membuthkan waktu lama, hanya dalam beberapa menit saja. Hal ini dikarenakan sebagian besar platform hosting menawarkan, tool install sekali klik akan menyelesaikan seluruh proses install wordpress bagi penggunanya.

Kesimpulan

Jika Anda ingin kemudahan dalam membuat dan mengonlinkan website, maka pilihannya jatuh pada wordpress. tak hanya proses install yang cepat, wordpress juga memiliki dashboard yang intuitif sehingga Anda bisa lebih mudah menginstall tema, plugin dan menulis konten.

Visit My Website on freddset.my.id

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s